Rab. Okt 16th, 2024

By Admin STIH Biak-Papua 15-17 Januari 2020 –  Dilaksanakan pelatihan relawan pajak Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak-Papua. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan pembekalan relawan pajak Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak-Papua sebelum mereka diterjunkan langsung ke lapangan. Pelatihan ini berlangsung 3 hari dan diikuti oleh peserta relawan pajak yang sebelumnya sudah dilakukan rekrutmen dan seleksi. Pelatihan dilaksanakan diruang kelas Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak-Papua dengan narasumber dari Kantor Pajak Pratama Biak.

Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak-Papua bekerjasama dengan Kantor Pajak Pratama Biak mengadakan Pelatihan dan Levelling Relawan Pajak bertempat di Aula STIH Biak-Papua. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari sejak yaitu tanggal 18-20 Februari diikuti oleh 16 peserta. Keenam belas peserta ini adalah mahasiswa yang sudah lolos seleksi pada tahap sebelumnya dari puluhan peserta yang mendaftar.

Ketua Tax Center STIH Biak-Papua Bapak Dr. Muslim Lobubun, S.H., M.H. menyampaikan bahwa tahap sebelumnya telah dilakukan seleksi administrasi dan wawancara oleh tim Tax Center STIH Biak-Papua tepatnya pada hari Senin, 16 Januari 2020, dan terpilihlah 4 orang mahasiswa.
16 orang yang terpilih adalah mahasiswa aktif yang terdiri dari semester 2, 4, 6, dan semester 8 akhir program studi hukum S1 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak-Papua. Adapun tugas mereka adalah sebagai petugas pengawas, petugas asistensi, petugas registrasi dan petugas pendukung.

Pelatihan dan Levelling Relawan Pajak mempunyai tujuan agar relawan pajak lebih menguasai materi tentang materi perpajakan seperti pengisian SPT Tahunan, pengisian 1770SS, pengisian 1770S, FAQ, serta mampu mengatasi masalah dilapangan nantinya. Relawan pajak nantinya akan melakukan asistensi pengisian SPT Tahunan 1770S dan 1770SS melalui e-filling. Dengan melibatkan relawan pajak harapannya dapat membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk sadar akan kewajibannya. Adapun kegiatan ini diisi langsung oleh narasumber dari Kantor Pajak Pratama Biak.

“Melalui program ini, kita menggaet mahasiswa aktif dari semester 2, 4, 6, dan 8 dari prodi Hukum untuk menjadi relawan pajak. Mereka ini diharapkan mampu membantu para wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan.” Imbuh Bapak Agung selaku pemateri dari Kantor Pajak Pratama Biak.